• Adrian Tambunan

Kompilasi Pengalaman Investasi dengan Rating (Per Januari 2022)

Updated: Jan 4

Selamat berjumpa lagi teman-teman sekalian,


Semoga sehat selalu, tidak disangka PPKM diperpanjang dan pandemi pun sepertinya kembali mengganas. Saya harap teman-teman tidak patah semangat dan bisa menjadikan kesempatan ini untuk menjadi lebih tangguh di kemudian hari.

Pada kesempatan ini, saya ingin mengompilasi semua investasi yang saya jalani sesuai dengan tingkat kepuasan saya berdasarkan pengalaman pribadi sendiri. Adapun rencananya daftar ini akan saya update secara berkala jika ada platform yang ratingnya berubah ataupun ada platform baru yang saya coba. Selain itu, saya sertakan kode referral jikalau ada teman-teman yang tertarik untuk join P2P yang saya rekomendasikan(Kalau saya kecewa, tidak akan saya bagi kode referralnya ya). Tanpa menunggu lagi, berikut adalah urutannya:

  • Sangat direkomendasikan

  1. Asetku

  2. Review di https://www.tulisandokter.com/post/pengalaman-investasi-asetku

  3. Referral code 9FUXU

  4. Easycash (Bunga tertinggi untuk jangka panjang) Referral code oRLw7Dix

  5. Akseleran

  6. Review di https://www.tulisandokter.com/post/pengalaman-investasi-akseleran

  7. Referral code AKSLADRIAN350591

  8. Tanifund

  9. Review di https://www.tulisandokter.com/post/pengalaman-investasi-tanifund

  10. Referral code ADROQX

  11. Alami (Satu-satunya yang syariah)

  • Rekomendasi

  1. Bareksa

  2. Bibit

  3. Review di https://www.tulisandokter.com/post/pengalaman-investasi-di-platform-bibit

  4. Referral code g6vmmnv

  5. Amartha

  6. Review di https://www.tulisandokter.com/post/pengalaman-investasi-amartha

  • Hindari

  1. Vestifarm (Dalam proses investigasi)

  2. Review di https://www.tulisandokter.com/post/pengalaman-investasi-vestifarm

  3. Growpal (Respons lambat, proyek banyak macet)

  4. Review di https://www.tulisandokter.com/post/pengalaman-investasi-growpal


  • Cryptocurrency

a. PINTU, referral code @adriannrt231

Review di https://www.tulisandokter.com/post/pengalaman-investasi-pintu

b. Tokocrypto, masih dalam penilaian.

  • Masih dalam penilaian

  1. Santara, sempat bermasalah dan sudah dipublikasi tim Santara perihal masalah yang terjadi di internal-nya. Saat ini Santara sudah berbenah dan mereka berkomitmen ke depannya akan lebih lancar. Saran saya sih kita pantau dulu ya.

  2. LandX

  3. Koinworks

  4. Referral code DR39696

  5. Igrow, saya punya pengalaman baik di Igrow, tetapi 2 proyek saya terakhir tertunda pembayarannya, jadi saya kecewa berat. Rasanya aneh kalau 2 proyek berturut-turut bisa bermasalah. Positifnya, penjelasan dari tim Igrow detail sehingga saya tidak penasaran masalahnya dimana. Cuma untuk saat ini, saya tidak menyarankan Igrow untuk investasi teman-teman.

Sesuai dengan tulisan-tulisan saya sebelumnya, platform dengan nilai "hindari" keduanya masih belum lolos verifikasi OJK. Vestifarm sudah tidak ada tanda-tanda mencoba aktif lagi, sedangkan tim Growpal mengaku masih mencoba mengurus persyaratan OJK. Jadi bisa saya simpulkan dengan tegas Jangan coba-coba investasi di platform yang belum terdaftar di OJK, meskipun itu uang dingin.

Asetku dan Akseleran masih menjadi platform favorit saya dengan pengembalian dana yang stabil, Easycash masih baru, jadi meskipun puas saya baru akan me-review nya setelah beberapa bulan lagi dan harapan saya tentunya lancar seperti Asetku. ALAMI memiliki daya tarik tersendiri karena satu-satunya platform yang syariah.

Dari bidang pertanian, Tanifund dan Igrow merupakan platform yang stabil, hanya saja Igrow saya temukan beberapa rekan investor yang kecewa karena laporan ke investor yang tidak rutin. Hal ini berbeda sekali dengan Tanifund, yang mana tim mereka bahkan menghubungi saya untuk interview pengalaman sekaligus memberikan bonus voucher, salut dengan Customer Service dari Tanifund.

Bareksa dan bibit tentunya relatif risiko rendah karena diversifikasi portofolio yang mudah, jadi akan saya rekomendasikan untuk orang-orang yang ingin menabung dana pensiun. Menurus saya kalau takut dengan saham, bisa tanamkan uang di reksadana ini.

Santara dan LandX mirip dan cukup unik. Dimana sistem crowdfunding dilakukan untuk menjadi modal dana sebuah usaha swasta. Rencananya akan saya bahas lebih dalam, meskipun sayangnya efek pandemi cukup berimbas ke usaha yang didaftarkan Santara, saat ini dana saya sedikit berkurang nilainya akibat usaha restoran jatuh.

Saya harap daftar ini bisa memudahkan teman-teman dalam mencari pilihan yang tepat dan tentunya tidak mengulangi kesalahan yang sama dengan saya.


Salam investasi dan semoga sehat selalu.


Penulis



Referensi :

- Pengalaman pribadi

517 views0 comments

Recent Posts

See All