• Adrian Tambunan

Pengalaman Investasi: Growpal

Growpal adalah crowdfunding platform yang sudah saya coba setelah menelusuri beberapa platform lain yang sejenis. Mayoritas platform lain berfokus pada bidang pertanian(wajar mengingat Indonesia negara agraris), growpal cukup unik karena berfokus pada perikanan.

Adapun beberapa pertimbangan saya sebelum memutuskan berinvestasi di Growpal adalah:

  • Identitas staff di Growpal jelas, jadi mudah untuk pertanggungjawaban

  • Pemegang proyek, lokasi, perencanaan penggunaan dana, semuanya diungkapkan detail sebelum pembukaan proyek

  • Follow up rutin oleh Growpal, bisa via email maupun Whatsapp

ROI (Return of Investment) sendiri minimal 18% per tahun, walau ada beberapa proyek pendek dengan kisaran 1–3 bulan(enak ya, udah kayak nunggu deposito).

Menurut analisis saya, sudah ada komunitas tersendiri yang menanamkan uang di platform ini, buktinya proyek baru langsung ludes terdanai dalam hitungan jam, malah kadang menit! Harapan saya, dengan semakin populernya platform investasi crowdfunding proyek akan semakin bertambah sehingga kesempatan pendana-pendana baru untuk merasakan pengalaman baru seperti saya juga meningkat.


Begitupun, sektor perikanan sangat dipengaruhi faktor-faktor seperti berikut: cuaca, rekan pembeli produk, dan harga bahan baku. Meskipun pihak Growpal akan berusaha sekeras mungkin meminimalisasi risiko, mereka tetap gamblang menyiratkan bahwa risiko seperti di atas ditanggung oleh investor.


Setelah kita diterima sebagai pendana, maka laporan berkala dari pihak yang kita investasikan akan sampai ke kita secara berkala, rutin bahkan di kala pandemi ini. Dokumentasi berupa foto kegiatan proyek diberikan rutin pada investor, jadi transparan dalam hal kegiatan harian dan penggunaan dana.

Seperti terlihat di atas, laporannya detail dan dokumentasinya juga menunjukkan keadaan lapangan. Setidaknya memberi investor seperti saya ketenangan hati karena tentu sulit bagi saya untuk mengunjungi proyek saya secara langsung.


Berikut adalah contoh kasus keuntungan saya:

Pada 9 Desember 2019, saya mendapat laba 1,89% dari total investasi saya. Kalau kita hitung aktivitas dimulai pada 20 Agustus 2019, maka keuntungan saya sekitar 0,54% per bulan.

Tentunya angka tersebut tidak terlalu menggembirakan, karena hanya berbeda tipis dengan deposito yang risikonya minim. Tapi perlu diingat bahwa dalam proyek ini saya kurang beruntung karena vendor kelebihan stok, imbasnya pembayaran ditunda.


Sampai Juni 2020 ini, Growpal tetap rutin memberikan laporan, dan mereka gamblang mengatakan efek Covid-19 ini cukup dirasakan dampaknya oleh pekerja sektor perikanan. Baik permintaan pangan yang menurun karena restoran banyak tutup, sampai distributor yang harus menunggak dan menunda pembayaran. Tetapi semua kendala tersebut ditangani dengan profesional oleh tim Growpal dan saya sebagai investor masih merasa aman sampai sekarang untuk tetap mempercayakan dana saya di platform Growpal.

Sumber:

  1. GROWPAL | Investasi Tambak Ikan Kerapu, Udang Vaname & Lobster Mulai dari 500 Ribu Rupiah

  2. Pengalaman pribadi dan rekan sejawat


Catatan: Tulisan merupakan saduran dari tulisan penulis di platform Quora yang telah direvisi agar sesuai dengan tema Blog.

86 views0 comments

©2019 by Dokter Gila. Proudly created with Wix.com