• Adrian Tambunan

Pengalaman Investasi: Tanifund

Tanifund? Apa tuh!


Setelah mencoba platform dana keroyokan Growpal, jadi penasaran ingin mencoba platform equity crowdfunding lain. Untung sudah ada senior yang mengompilasi beberapa temuannya di: https://vannashara.wordpress.com/2017/12/26/rugi-investasi-di-vestifarm/

Dari beberapa platform yang dicobanya, saya langsung mengobservasi platform yang track record per proyek jelas, keuntungan masuk akal(tidak terlalu muluk, tapi di atas deposito), dan kalau bisa sudah terdaftar & diawasi OJK.

OJK? Memang jaminan 100% aman ya kak? Tidak juga! Tapi setidaknya yg terdaftar OJK berarti perusahaan dan staf-nya memang benar ada, dan perusahaannya memang menjalankan proyek sesuai yang tertera di website. Jadi, terdaftar di OJK mengurangi secara drastis kemungkinan investasi bodong, walau tidak mengurangi kemungkinan gagal investasi seperti misalnya gagal panen atau ternak mati.


Nah, pilihan utama saya jatuh pasa Vestifarm dan Tanifund, tapi mari kita bahas Tanifund dalam kesempatan ini.

Penampilan website https://tanifund.com/ sederhana dan cukup eye catchy. Bahkan mereka menampilkan TKB90(Tingkat Keberhasilan 90), menunjukkan persentase lancarnya pengembalian pinjaman dari peminjam kepada pemodal. TKB90 adalah salah satu syarat dari OJK kepada platform simpan-pinjam, agar calon pemodal mengetahui keberhasilan platform dalam menyeleksi peminjam.


Selanjutnya, mari kita lihat proyeknya:


Dari proyek-proyek terakhir Tanifund yang sudah selesai, rata imbal hasil 12%/tahun atau 1%/bulan. Angka ini jelas lebih tinggi dari deposito dengan kisaran 5-7% per tahun. Tenor termasuk cepat, ada pilihan 31-91 hari, jadi untuk pemodal yang memerlukan dana cepat bisa merasa tenang.

Bagaimana dengan pengalaman investor lama di Tanifund? Sayangnya, dalam perjalanan saya mencari tahu opini-opini mengenai Tanifund, hanya sedikit informasi yang saya dapat. Begitupun, saya tidak menjumpai satupun pengalaman investor rugi di Tanifund.


Baiklah, karena dari observasi, Tanifund aman dengan imbal hasil yang cukup menarik, maka saya memutuskan untuk berinvestasi di platform Tanifund ini. Saya mencari proyek pendek dahulu, maka jatuh pilihan pada proyek Aneka Buah[7], dengan tenor 31 hari.


Tidak terasa, 1 bulan pun berlalu, dan tanpa basa basi, Tanifund langsung mencairkan invoice nya ke e-wallet saya.

Wow! Saya sadar memang harusnya ada potongan pajak, tapi saya tidak menyangka angkanya hingga 30%, mungkin saya harus lebih detail membaca hitam di atas putih ya. Jadi, sesuai realisasi, imbal bagi hasil adalah 1%, dipotong pajak 0,3%, maka totalnya 0,7%.


Apakah saya kecewa? Tidak. Bagaimanapun, ini lebih tinggi dari deposito dan sukuk yang sedang saya jalani, yang mana angkanya berkisar di 0,56 - 0,58% per bulan. Karena puas dengan hasilnya, maka saya melanjutkan investasi di Tanifund dengan jumlah dana yang sama. Kali ini saya mencoba yang tenornya 3 bulan, let me keep you up to date!


Bagaimana dengan teman-teman? Apakah tertarik mencoba? Kalau ada dana tidak terpakai, saran saya pelajarilah lebih lanjut platform dana keroyokan yang sedang berkembang seperti Tanifund ini, menariknya, mereka menggunakan istilah imbal hasil, bukan bunga. Jadi walau mereka tidak mencantumkan syariah, setidaknya ada ketenangan batin kita tidak memeras hasil kerja petani dengan bunga yang gila-gilaan.


Psssttt... ada sistem referral, memang gak seberapa sih, tapi silakan dipakai bagi yang berkenan, kode referral saya 6794814.


Ada pertanyaan? Silakan... mari kita berdiskusi.

572 views0 comments

©2019 by Dokter Gila. Proudly created with Wix.com