top of page
  • Writer's pictureAdrian Tambunan

Pengalaman Investasi: Tanifund (Update - Agustus 2022)

Updated: Aug 6, 2022

Update Agustus 2022 :


Memasuki pertengahan tahun 2022, sayangnya Tanifund gagal memenuhi ekspektasi lender, tampak dari semakin banyaknya proyek macet, dan lambatnya update setiap proyek. Bagi yang mengalami hal yang sama, bisa membaca artikel terbaru perihal Tanifund di: https://www.tulisandokter.com/post/lampu-kuning-tanifund


Artikel asli :


Tanifund? Apa tuh!


Setelah mencoba platform dana keroyokan Growpal, jadi penasaran ingin mencoba platform equity crowdfunding lain. Untung sudah ada senior yang mengompilasi beberapa temuan-nya di: https://vannashara.wordpress.com/2017/12/26/rugi-investasi-di-vestifarm/

Dari beberapa platform yang dicobanya, saya langsung mengobservasi platform yang track record per proyek jelas, keuntungan masuk akal(tidak terlalu muluk, tapi di atas deposito), dan kalau bisa sudah terdaftar & diawasi OJK.

OJK? Memang jaminan 100% aman ya kak? Tidak juga! Tapi setidaknya yg terdaftar OJK berarti perusahaan dan staf-nya memang benar ada, dan perusahaannya memang menjalankan proyek sesuai yang tertera di website. Jadi, terdaftar di OJK mengurangi secara drastis kemungkinan investasi bodong, walau tidak mengurangi kemungkinan gagal investasi seperti misalnya gagal panen atau ternak mati.


Nah, pilihan utama saya jatuh pasa Vestifarm dan Tanifund, tapi mari kita bahas Tanifund dalam kesempatan ini.

Penampilan website https://tanifund.com/ sederhana dan cukup eye catchy. Bahkan mereka menampilkan TKB90(Tingkat Keberhasilan 90), menunjukkan persentase lancarnya pengembalian pinjaman dari peminjam kepada pemodal. TKB90 adalah salah satu syarat dari OJK kepada platform simpan-pinjam, agar calon pemodal mengetahui keberhasilan platform dalam menyeleksi peminjam.


Selanjutnya, mari kita lihat proyeknya:


Dari proyek-proyek terakhir Tanifund yang sudah selesai, rata imbal hasil 12%/tahun atau 1%/bulan. Angka ini jelas lebih tinggi dari deposito dengan kisaran 5-7% per tahun. Tenor termasuk cepat, ada pilihan 31-91 hari, jadi untuk pemodal yang memerlukan dana cepat bisa merasa tenang.

Bagaimana dengan pengalaman investor lama di Tanifund? Sayangnya, dalam perjalanan saya mencari tahu opini-opini mengenai Tanifund, hanya sedikit informasi yang saya dapat. Begitupun, saya tidak menjumpai satupun pengalaman investor rugi di Tanifund.

Baiklah, karena dari observasi, Tanifund aman dengan imbal hasil yang cukup menarik, maka saya memutuskan untuk berinvestasi di platform Tanifund ini. Saya mencari proyek pendek dahulu, maka jatuh pilihan pada proyek Aneka Buah[7], dengan tenor 31 hari.

Tidak terasa, 1 bulan pun berlalu, dan tanpa basa basi, Tanifund langsung mencairkan invoice nya ke e-wallet saya.

Wow! Saya sadar memang harusnya ada potongan pajak, tapi saya tidak menyangka angkanya hingga 30%, mungkin saya harus lebih detail membaca hitam di atas putih ya. Jadi, sesuai realisasi, imbal bagi hasil adalah 1%, dipotong pajak 0,3%, maka totalnya 0,7%.


Apakah saya kecewa? Tidak. Bagaimanapun, ini lebih tinggi dari deposito dan sukuk yang sedang saya jalani, yang mana angkanya berkisar di 0,56 - 0,58% per bulan. Karena puas dengan hasilnya, maka saya melanjutkan investasi di Tanifund dengan jumlah dana yang sama. Kali ini saya mencoba yang tenornya 3 bulan, let me keep you up to date!


Bagaimana dengan teman-teman? Apakah tertarik mencoba? Kalau ada dana tidak terpakai, saran saya pelajarilah lebih lanjut platform dana keroyokan yang sedang berkembang seperti Tanifund ini, menariknya, mereka menggunakan istilah imbal hasil, bukan bunga. Jadi walau mereka tidak mencantumkan syariah, setidaknya ada ketenangan batin kita tidak memeras hasil kerja petani dengan bunga yang gila-gilaan.


Update 2021:


Tidak terasa sudah 1 tahun lebih berlalu sejak saya menanamkan dana di Tanifund. Adapun dengan seyakin-yakinnya saya bisa menyatakan bahwa Tanifund adalah platform investasi yang bisa dipercaya. Kalau saya rangkum beberapa kelebihan Tanifund adalah sebagai berikut:

  • Navigasi website yang baik,

  • Kontrak yang jelas,

  • Sistem top up dana yang aman,

  • Pilihan proyek yang variatif dengan durasi pinjaman yang beragam

  • Pembagian keuntungan yang tepat waktu

Saya cantumkan sebagian portofolio saya:

Portofolio Tanifund per Oktober 2021

Perhatikan di "Rata-rata bunga" yang mencapai 15,74% per tahun, jadi dari seluruh proyek yang saya ikuti, itulah rata-rata keuntungan yang saya dapatkan per tahun (jangan lupa dipotong pajak ya). Jadi jelas dibandingkan tahun lalu Tanifund sudah semakin berkembang dari berbagai hal, baik dari sistem platform-nya hingga pemilihan proyeknya. Dengan keadaannya sekarang saya tidak ragu-ragu untuk merekomendasikan Tanifund ke teman-teman sekalian untuk ikut berinvestasi.


Psssttt... ada sistem referral, jadi pendaftar baru dan saya akan mendapat voucher pendanaan, silakan dipakai bagi yang berkenan, kode referral saya ADROQX.


Ada pertanyaan? Silakan... mari kita berdiskusi.

2,126 views13 comments

13 Comments


alin abcd
alin abcd
Feb 12, 2023

apa kabar tanifund sekarang ? bagaimana dapat join dengan lender2 tanifund yang menjadi korban ? saya salah satunya, mau bergabung dengan komunitas korban tanifund tsb. mohon info

Like
Adrian Tambunan
Adrian Tambunan
Feb 12, 2023
Replying to

Salam kenal kak.


Untuk saat ini komunitas sesama investornya hanya ada di telegram. Akan saya japri ya kak.


Semoga bisa membantu.

Like

Evrie Hertansia
Evrie Hertansia
Mar 19, 2022

Sangat kecewa dengan asuransi gagal bayar @tanifund yang “katanya” bisa claimed sampai dengan 80%

Kenyataannya saat salah satu proyek nya macet, dan setelah menunggu 6 bulan, hanya di bayar sekitar 32% dari pokok.


Saya berusaha menghubungi Tanifund melalui email dan menanyakan alasannya dan perhitungan detail, tapi ternyata sia-sia. Tidak ada penjelasan jelas dan berarti yang disampaikan oleh pihak CS Tanifund.


Menurut saya, dengan return yg hanya 12-15% per tahun dan risknya hampir 70% itu sangat tidak worth it 👎🏼

masih byk P2P lending lain yg terdaftar legal dan diawasi OJK dengan return yg serupa tapi risk dan insurance claim yang lebih fair


Mohon bantuan awareness ini ke calon2 lender lain agar tidak merasa “terjebak” seperti yang saya…

Like
Adrian Tambunan
Adrian Tambunan
Jul 01, 2022
Replying to

Terima kasih infonya, saya juga rencana update bahwa Tanifund saat ini lampu kuning, hindari dulu investasi di sini. Akan saya posting begitu info dari rekan-rekan saya sudah jelas.

Like

wawandeha
wawandeha
Oct 06, 2021

Terimakasih, sy coba 2 proyek nih... Semoga lancar... Cara pakai referral nya sblm daftar anggota ya?

Like
Adrian Tambunan
Adrian Tambunan
Oct 06, 2021
Replying to

Betul kak. Saat daftar pertama kali, nanti bakal dapat voucher dari Tanifund.

Like

wawandeha
wawandeha
Oct 06, 2021

saya sedang ngumpulin keberanian untuk investasi ke tanifund... lalu bagaimana up date investasi nya terakhir?

Like
Adrian Tambunan
Adrian Tambunan
Oct 06, 2021
Replying to

Salam kenal kak. Tanifund lancar sampai sekarang kak, di penghujung 2021 bunga rata-rata proyeknya mengalami kenaikan, dan sejalan juga dengan durasi proyeknya, jadi proyek yg durasi 1 bulan sudah jarang saya jumpai. Dengan statusnya yg sudah terdaftar di OJK dan pengembalian hasil yg rutin, saya rekomendasikan kak, tapi kalau ragu pakai dana kecil aja dulu. Begitu laporan jelas dan 1 proyek selesai sesuai prospek, barulah biasanya yakin untuk tanam dana besar. Oh iya, dan ada bonus voucher untuk kakak kalau pakai kode referal. Selamat berinvestasi ya kak.

Like
bottom of page