• Adrian Tambunan

PINTU: Aplikasi mumpuni untuk transaksi Mata Uang Kripto

Updated: Dec 28, 2021

Heya,


Bagi beberapa orang, mungkin Cryptocurrency dirasa sudah melewati masa jayanya. Ditambah lagi dengan trader yg trauma saat kejatuhan harga bitcoin diikuti Cryptocurrency lainnya beberapa bulan lalu. Untuk penggiat investasi yang cuma ikut-ikut tanpa memahami bagaimana dunia kripto ini bekerja, wajar jika menyerah dan pasrah, tetapi bagi yang mendalami dan paham seluk-beluknya setelah melalui trial & error, bisa jadi justru berhasil menancapkan pondasinya dan berdiri tegak menghadapi terjangan naik-turunnya nilai mata uang kripto.

Sebagai penekanan dari saya, tergantung niat ya, Cryptocurrency Ini bukan judi, asetnya ada yaitu blockchain. Jadi selama niat kita adalah investasi dengan basis percaya bahwa mata uang kripto yg kita beli bernilai, maka menurut saya salah mengatakan ini judi.

Nah, berhubung Cryptocurrency ini masih baru, sarana yg memfasilitasi kita untuk menperjual-belikan mata uang kripto masih terbatas. Pada kesempatan ini, saya akan membahas salah satunya yaitu aplikasi PINTU yang sudah bisa diakses menggunakan Iphone maupun Android.

Dari overview di home screen aplikasi, bisa kita lihat tampilan sederhana tapi enak dilihat mata, tidak banyak elemen warna yang kadang membuat bingung dalam pencarian.

Untuk metode pendaftaran, prosedurnya sesuai aturan OJK, yaitu ada proses verifikasi identitas(KYC) dahulu. syaratnya tentu saja kartu identitas asli(KTP), SIM, ataupun paspor. Uniknya, PINTU menyediakan cara terima verifikasi melalui Whatsapp dan Telegram selain SMS. Prosesnya termasuk cepat, dan customer service nya cepat membalas email jika ada masalah saat verifikasi.

Kalau sudah selesai verifikasi, tinggal memulai investasi deh. Pertama, kita cek ombak dulu ya, lihat pasar kripto saat ini:

Dari harga pasar, masih tidak tergoyahkan ya, Bitcoin menempati urutan teratas, diikuti Ethereum, dan Binance coin. Untuk awalnya, gimana kalau kita beli ETH karena stabil dan memang saingan utama BTC, kita klik dulu yuk:

Tampak fluktuasi harga, kemudian ada pilihan Beli/Jual. Simpel dan mudah dimengerti ya aplikasi PINTU ini. Saran dari saya yang masih pemula, jangan justru tergiur saat market hijau-hijaunya, karena koreksi bisa jadi di depan mata, apalagi kalau tergiur karena harga koinnya mencapai ATH(All time high), wah, saya bukannya minat justru saya hindari. Pemain partai besar justru akan jual saat ATH karena sudah memperkirakan terjadinya koreksi. Jadi tetap waspada dan hindari serakah ya.

Kemudian, kalau sudah cocok dengan pilihan kita, tinggal kita klik Beli(Buy) ya. Dan akan muncul:

Tinggal tentukan mau membeli berapa. Tidak perlu gentar dengan harga-harga koin besar sekarang, misalnya ETH yg sekarang harganya 70 jt-an, tetap bisa kita beli 1/10 atau bahkan 1/100 nya, tinggal masukkan saja angka rupiah yang ingin kita belikan ke koin kripto tersebut. Lalu, metode pembayarannya bagaimana dong? Nah, ini kemudahan di aplikasi PINTU, metode pembayarannya banyak.


Dimulai dari transfer bank, sampai e-money, kita bisa melakukan pembelian koin kripto dengan fasilitas yang didukung PINTU, jadi tenang gak harus punya rekening luar negeri dan sebagainya untuk membeli koin kripto.

Setelah beli, ngapain ya kak? Ya itu, tergantung niatnya dulu saat berkecimpung di dunia kripto ini. Saya share sedikit portofolio saya kemarin ya, seperti ini nih:

Sebagai pemula, saya awalnya agak gentar melihat harga koin yg mahal-mahal, jadi lihat koin murah yg fundamentalnya bagus, meskipun saya sedikit salah di REN, kalau sekarang, saya di PINTU sudah inves di ETH juga karena mempertimbangkan jangka panjang. Oh iya, dan PINTU sudah membuat token-nya sendiri ya, dengan kode PTU, mungkin bisa jadi pertimbangan teman-teman.

Jadi ya, kembali lagi ke niatnya ya. Sekali lagi, jangan serakah, dan senang saat market hijau boleh, tapi apakah anda cukup bermental baja untuk menjual saat hijau apabila indikasi koreksi sudah di depan mata? Itu salah satu kuncinya sih, jadi saat koreksi, baru kita beli kembali.

Nah, saya akan membahas sedikit fitur baru di PINTU yang membuat saya dan saya yakin customer lainnya bakal setia di PINTU. Fitur itu adalah fasilitas “Earn,” yaitu suatu fitur seperti layaknya deposito di bank. Tetapi dalam hal ini yg didepositokan tentunya uang kripto kita. Untuk saat ini pilihannya baru BTC, ETH, BNB, dan DOGE, saya yakin ini akan bertambah dalam update-update berikutnya. Annual per Year (APY) yg didapat berkisar 0,88 - 4%, jadi daripada koin kita menganggur di dompet digital, kita bisa mengalokasikannya demi passive income rutin. Ini saya share sedikit screenshot fitur earn di aplikasi PINTU:

Sebagai penutup, PINTU sudah menerapkan sistem referral, dimana pengguna kode referral saya dan saya akan mendapatkan bonus transaksi di PINTU ini (full disclosure yaa). Kode referral saya adalah: @adriannrt231


Semoga tulisan saya bermanfaat, dan selamat berinvestasi sehat ya. Hindari berjudi ya sob!




Sumber:

  1. Pengalaman pribadi

  2. aplikasi trading crypto terbaik > https://pintu.co.id/

  3. bitcoin > https://pintu.co.id/market/btc

  4. apa itu bitcoin > https://pintu.co.id/academy/post/apa-itu-bitcoin


181 views0 comments