• Adrian Tambunan

SEA bank, bank bawaan shopee dgn bunga 6% nih. Sharing yuk…

Yuhuu, sehat-sehat semuakah? Tidak bosan-bosannya saya mengucapkan semoga sehat selalu ke teman-teman, sebab kesehatan tetaplah berkah yang kadang kita lupakan. Harta yang terkikis akibat sakit yang tiba-tiba sudah bukan cerita yang asing lagi, jadi, semoga sehat selalu ya kawan-kawan.

Pada kesempatan ini izinkan saya membahas SEA bank, dengan giatnya iklan dari SEA group yang juga mambawahi Shopee, mungkin kawan-kawan sudah sering atau minimal pernah lihat logonya ya.

Seabank Logo
Nuansa warna dan logonya mengingatkan kita pada Shopee ya

Pertama kali saya mendengar SeaBank inipun juga dari Shopee, sebagai top 3 e-commerce Indonesia, dengan omzet triliunan, rasanya wajar cepat atau lambat mereka merambah ke digital banking yang berkembang sangat pesat di Indonesia.

Mungkin kawan-kawan yang aktif di Shopee tahu, bahwa saldo penjual shopee akan mengendap di rekening virtual, dan sebelum adanya SeaBank ini, biasanya ada biaya tarik ketika mentransfer saldo di shopee ke bank. Adanya SeaBank ini memang terbukti memudahkan proses penarikan dan aktivitas e-banking di Shopee.

Dengan banyaknya digital banking di Indonesia, apa sih beda SeaBank ini dengan pesaingnya? Izin untuk sharing pengalaman saya ya.

Pertama, tentunya download aplikasinya dulu ya, tentunya namanya SeaBank, bisa di app store oleh apple maupun play store pada android. Setelahnya, bisa langsung registrasi, seperti biasa siapkan identitas dan akan diverifikasi langsung oleh staf SeaBank. Proses nya cepat dan selama ID kita masih valid, sebentar juga selesai.

Setelah selesai registrasi, maka kita bisa mulai aktivitas perbankan kita, berikut tampilan awal aplikasinya:

Tampilan apps SeaBank

Warnanya khas sekali oranye shopee ya, kontras huruf dengan background membuatnya mudah dibaca, keterangan pada pilihan aktivitas juga mudah dimengerti ya.

Nah, langsung saja saya bahas salah satu kelebihan SeaBank dibanding pesaingnya ya, bisa kita lihat di atas suku bunga 6% p.a. atau dengan kata lain 6% per tahun. Wah, ini daya tarik yang besar sekali dari sebuah bank, biasanya bunga hanya berkisar 2-4% per tahun, hanya deposito bank yang bisa menawarkan > 4.5%. Dengan kata lain, hanya dengan menanam dana di SeaBank, tanpa perlu deposito (jadi bebas untuk pakai transaksi harian dan beli apapun itu) kita sudah mendapat bunga yang dihitung harian. Jadi setiap pukul 12 malam SeaBank akan mengalikan saldo kita dengan 6%/365 hari. Ingat, yang dihitung saldo akhir ya gengs, jadi kalau ada transaksi yang bisa ditunga hingga jam 12 malam, mungkin baiknya ditunda dulu(bercanda ya, hutang harus dilunaskan pada waktunya dong).

Pajak Bunga SeaBank
Pajak Bunga tetap ada dan lagsung dipotong

Berbekal informasi bunga 6% yang dibayar harian, serta backing grup SEA yang kuat dari segi finansial, saya langsung mencoba menabung di SeaBank, dan benar saja hitungan bunga per harinya langsung masuk secara rutin ke rekening, cuma nih yaaa, sesuai dugaan teman-teman yang sering investasi/nabung, semua ada pajaknya yaa. Saya menghitung secara kasar, dan setelah dipotong pajak, maka profit saya menjadi 4,8% p.a. yang mana masih lebih tinggi bahkan dari beberapa deposito bank.

Apakah saya kecewa dengan adanya pajak? Tentu tidak. Seperti saya katakan sebelumnya, kelebihan SeaBank ini adalah tidak perlunya dana kita ditahan (deposit) untuk mendapatkan bunga setinggi itu, jadi tidak akan mengganggu kegiatan transaksi harian kita baik belanja, isi pulsa dll. Kalau dibandingkan dengan reksadana dan saham, mungkin ini kurang menggiurkan, tetapi perlu diingat bahwa ini bunga tabungan, dengan kata lain no risk, berbeda dengan reksadana dan saham yang bisa volatile.

Selain itu, akhirnya Seabank juga mengeluarkan program Deposito dengan bunga yang sedikit lebih tinggi dari tabungan biasa, yaitu 7% p.a.

Bunga Deposito Seabank
Deposito Seabank

Selain itu, dari segi keamanan juga, Seabank ini tampak cukup ketat dalam menjaga customer nya, dari segi registrasi yang harus double verifikasi, kemudian login aplikasi yang mengharuskan PIN ataupun Finger/Face scan, sehingga saya merasa cukup aman dalam bertransaksi dan meletakkan dana di sini. Kemudian, kemudahan dalam menghubungi tim CS juga terlihat dari pilihan kontak CS yang bisa langsung melalui aplikasi.


CS Seabank di aplikasi
Kontak CS Seabank via aplikasi

Begitupun, saya membaca bahwa bunga 6% p.a. tanpa deposit ini hanyalah fase promo, jadinya bunga normalnya nanti tidak akan setinggi itu, tetapi apakah akan tetap lebih tinggi dari pesaingnya? Hanya waktu yang bisa membuktikan. Setidaknya untuk saat ini, saya belum menemukan digital banking dengan bunga setinggi ini pada tabungan non-deposito nya. Dan sebagai informasi tambahan, saya tidak menemukan Seabank menarik fee apapun setiap bulan selain pajak bunga tersebut, tidak seperti beberapa bank konvensional yang memiliki fee bulanan, Seabank setahu saya tidak memungut biaya apapun.

Kemudian, tambahan aja nih, Seabank sedang mengadakan promo sistem referral, dimana mereka akan langsung membagikan saldo gratis ke pengguna dan pemberi referral. Lumayan lah untuk beli pulsa ya, bagi yang berkenan dan ingin mencoba, boleh menggunakan kode referral saya 58A3FW.


Semoga tulisan saya bisa memberi ilmu dan menjadi forum diskusi,


Terima kasih dan semoga sehat selalu,


Salam,


Adrian




Referensi :

  1. Pengalaman Pribadi

  2. Seabank.co.id



10 views0 comments