• Adrian Tambunan

Pengalaman Investasi: Easycash

Salam sehat,


Dunia investasi di Indonesia semakin memanas, ketatnya persaingan dibarengi dengan regulasi-regulasi baru membuat banyak platform beradaptasi menjadi lebih baik, mulai dari navigasi website, keamanan transaksi, kisaran bunga/bagi hasil, hingga membuat forum komunitas di sosial media yang up to date, eye catchy, dan enak dibaca.

Kalau mau jujur, dari segi keamanan peminjam, tentunya lebih aman memberikan pinjaman ke ranah produktif dibanding konsumtif. Sebab kalau produktif kita meminjamkan dana ke pengusaha yang akan menggunakan dana tersebut untuk usaha, sedangkan konsumtif lebih ke peminjam individual untuk belanja keperluan sehari-hari ataupun kebutuhan lain. Untuk P2P produktif, saya sudah merasa nyaman dengan Akseleran, sedangkan untuk konsumtif saya menetapkan hati di Asetku. Begitupun, karena diversifikasi itu penting, saya mencoba mencari platform lain yang cukup aman. Dari pencarian P2P yang review nya banyak dan sudah berlisensi OJK, saya menemukan Easycash.

Sebagai platform P2P, tentunya secara konsep sama, Easycash adalah platform yang dinaungi PT. Indonesia Fintopia Technology. Adapun Easycash ini merupakan cabang dari Easycash RRC yang berdiri sejak September 2015. Didukung oleh kesuksesannya di RRC, mereka memantapkan diri untuk memanjangkan tangan ke negara lain, tentunya memilih Indonesia dengan jumlah penduduk yang mencapai 200 juta lebih menjadi pilihan yang masuk akal bagi shareholder Easycash.

Setelah mengenal profil singkatnya, mari kita lihat personil-nya di Indonesia:


Petinggi-petinggi di PT. Indonesia Fintopia Technology tertera jelas di profil perusahaan yang bisa diakses publik di website Easycash. Kalau melihat sekilas, tampak commissioner di Easycash adalah orang-orang yang berpengalaman di bidangnya. Bahkan mereka juga menggandeng Pak Zen yang memiliki latar belakang jurusan hukum. Dari validitas personil yang mumpuni dan perusahaan yang sudah mendapat lisensi OJK, saya semakin yakin untuk menanamkan dana saya di Easycash.

Setelah melalui proses pendaftaran yang cukup cepat, dan data diri saya telah diverifikasi, saya langsung melihat-lihat pilihan pinjaman yang ada:

Pilihan Durasi Pinjaman di Easycash

Sesuai skema yang ada, semakin lama durasi periode pinjaman maka semakin besarlah penghasilan kita. Periode 30 hari dapat bunga tahunan 16,5%? Wow! Sudah hampir 4x bunga deposito, dan lebih tinggi sedikit dari P2P saingan. Dengan bunga tahunan 25% berarti dalam 4 tahun kita sudah mendapatkan total dana yang kita pinjamkan, hebat! Dalam kesempatan pertama ini, saya tentunya akan main aman dulu dengan memberikan pinjaman periode singkat. Kemudian, berbeda dengan Asetku, begitu setuju memberikan pinjaman, ternyata Easycash mengarahkan kita untuk memilih peminjam yang ada di daftar mereka, dengan jumlah 1 juta per peminjam. Jadi kalau kita memberikan pinjaman 10 juta, berarti kita memberikan pinjaman ke 10 orang, 20 juta ya 20 orang dan seterusnya. Untuk amannya, pilih saja yang skor kreditnya tinggi, bisa di-refresh berulang kali sampai menemukan skor kredit yang > 0.70. Setelah selesai mendiversifikas tinggal menunggu...


Satu bulan pun berlalu....

Sesuai durasi periode yang telah ditentukan. dana yang saya tanam kembali ke dompet balance saya. Angkanya sesuai taksiran awal, tentunya sebelum dipotong pajak ya. Dengan pengalaman yang memuaskan tersebut, saya memutuskan menanamkan dana kembali dan bahkan sampai top-up dana untuk meningkatkan aset saya di Easycash.

Total Pengembalian Dana

Setelah beberapa bulan berlalu, pengembalian dana yang selalu terjadwal dengan angka yang sesuai ekspektasi membuat saya semakin yakin untuk merekomendasikan Easycash sebagai platform P2P yang dapat dipercaya. Seandainya ada hal yang membuat saya kepikiran, adalah adanya beberapa peminjam(bukan pemberi pinjaman) yang mengutarakan keluhannya bahwa cara tim Easycash menagih pinjaman kurang profesional, dari ancaman via HP yang terlalu frontal, dan terkadang angka tagihan yang terlalu besar.

Review Easycash di Google Review bisa dikatakan tidak cukup baik dengan skor 1.5 dari 5. Tetapi perlu diingat bahwa ini adalah review dari peminjam, bukan pemberi pinjaman. Kalau dari pemberi pinjaman, semua orang yang saya tanyakan memberikan pengalaman positif per Oktober 2021.



Dari keseluruhan fakta yang saya utarakan, saya tetap berkesimpulan bahwa Easycash ini layak dipercaya sebagai platform P2P untuk meminjamkan uang, tetapi kalau sebagai peminjam? Sayangnya saya kurang bisa menjawabnya karena belum pernah ada pengalaman secara pribadi.

Untuk teman-teman yang berkenan mencoba berinvestasi, bisa daftar dengan menggunakan Invitation code saya(semacam referral) dengan kode oRLw7Dix. Adapun kode referral ini akan memberikan anda dan saya bonus untuk pendanaan, lumayan untuk pertama kali.


Salam sehat dan semoga tulisan saya bermanfaat.


Referensi:

  1. https://www.ojk.go.id

  2. https://indo.geteasycash.asia/borrow

  3. Pengalaman pribadi


39 views0 comments

Recent Posts

See All