top of page

Apa saja pilihan karir dokter umum ya?

  • Writer: Adrian Tambunan
    Adrian Tambunan
  • Aug 28, 2024
  • 4 min read

Hai teman-teman,


Kali ini saya akan menulis beberapa kesempatan kerja bagi teman-teman yang baru lulus kedokteran, saya harap tulisan bisa ini menjadi ladang diskusi dan juga bisa membantu memberikan sudut pandang baru mengenai kesempatan kerja dan masa depan seorang dokter, baik yang klasik dan ramai peminat maupun yang jarang peminatnya. Ayo kita mulai!

A doctor surrounded by mind bubbles regarding job options
Mikirrr....

Pertama, kita bahas perihal internship dulu, meskipun program wajib kerja atau internship awalnya mendapat perlawanan dari berbagai pihak, sekarang bisa dikatakan programnya semakin baik, dari adanya kenaikan gaji (saat zaman saya hanya 1.2 jt per bulan) hingga kesejahteraan yang lebih diperhatikan. Ini saya dengar dari pengalaman junior saya, kalau dulu bahkan akomodasi dan transportasi rasanya seperti kami langsung dilepas begitu saja, maklum kami generasi pertama yang menjalaninya, regulasinya belum ketat. Bahkan ada tempat yang meminta dokternya membawa ambulans, padahal pengemudi ambulans harus ada pelatihannya sendiri, tidak bisa sembarang orang.


Dengan adanya internship, diharapkan dokter-dokter yang sudah lebih dahulu menjalani lika-liku dunia kerja jadi lebih siap menghadapinya di kemudian hari.


Nah, sudah lulus internship? Bebas mau kemana aja nih? Selanjutnya ngapain ya. Ada banyak pilihan nih, coba saya rangkum:

  1. Jadi dokter umum di Rumah Sakit

  2. Buka praktik pribadi

  3. Melanjutkan ke jenjang spesialis

  4. Mencoba PNS sebagai dokter umum

  5. Menjadi dokter di daerah terpencil melalui program Kementerian Kesehatan

  6. Menjadi dokter di perusahaan


Kita telaah satu-satu ya, pertama adalah menjadi dokter umum di RS. Ini cukup umum ya, biasanya semakin muda dokternya akan cenderung ditempatkan di IGD. Karena di IGD perlu tindakan segera dan pengambilan keputusan yang cepat. Kalau RS-nya ramai, beberapa teman hampir menyamakannya dengan Co-Ass kedua, karena merasakan jaga malam lagi dan adanya sistem shift. Kelebihannya ya semakin ramai pasiennya semakin banyak rezeki ya. Beberapa teman saya bekerja di RS sambilan mencoba PPDS, jadi ini bisa dijadikan pilihan ya, apalagi kalau RS-nya tidak mengikat dengan kontrak jangka panjang.


Kedua membuka praktik pribadi. Saran saya, kalau ada tanah dengan lokasi yang tepat, serta belum ada klinik faskes BPJS di dekat rumah, ini bisa dipraktikkan dan terbukti menguntungkan. Tapi kalau tidak BPJS, pertimbangkan tantangannya ya saingan dengan dokter senior yang sudah lama praktik atau malah RS di sekitaran lokasi, sekarang dokter semakin banyak, jadi harus ulet kalau ingin bersaing dengan dokter lain dalam menggapai pasien. Pilihan ini hanya saya sarankan seandainya sudah memiliki tanah di lokasi yang belum ada faskes BPJS nya.


Ketiga mengikuti PPDS (Program Pendidikan Dokter Spesialis). Ini klasik dan memang menjadi target banyak dokter umum ya. Terbukti bahkan dengan seleksi yang ketat serta dengan hebohnya fenomena bullying yang terjadi tetap diminati oleh rekan-rekan sesama dokter. Tantangannya harus siapin biaya untuk SPP dan keperluan lain-lain (jadi modal harus lumayan ya). Meskipun sudah ada kampus yang menggaji PPDS, tapi di Sumatera Utara saya belum merasakannya, jadi saya tidak bisa berkomentar banyak.

Doctor looking at a microscope
Momen ketika menjalani PPDS

Pilihan PPDS ini biasanya memerlukan 3 hal, modal, koneksi, dan mental. Modal sudah jelas untuk SPP dan pengeluaran lainnya, sangat sulit punya pekerjaan sampingan saat menjalani PPDS, apalagi masih junior. Salah satu cara mengakalinya ya dengan menjadi PNS dahulu kemudiuan mengajukan TUBEL (Tugas Belajar), jadi SPP dibayarkan oleh pemerintah. Koneksi diperlukan untuk permintaan surat rekomendasi, ini bisa didapat seandainya saat pendidikan S1 kita cukup aktif bersosialisasi dengan senior dan konsultan. Kalau belum ada, bisa dengan magang dahulu dengan konsultan, atau minimal tanya-tanya dahulu ke senior yang sudah dahulu masuk. Sebab perlu kisi-kisi apa yang perlu dipelajari juga untuk persiapan wawancara nanti seandainya lulus seleksi berkas. Terakhir, mental ya, anggaplah kembali ke masa Co-Ass, harus kembali jaga shift dan bolak-balik ke RS. Memang akan ada oknum yang bullying, tapi harusnya tidak seekstrim yang di berita. Seandainya berlebihan, saya saran laporkan ke hotline kemenkes.


Keempat adalah menjadi PNS (Pegawai Negeri Sipil). Tantangannya tentunya tes CPNS yang memang terkenal berat dengan peminatnya ribuan. Hebatnya saat teman-teman saya dari USU mencoba, bisa hampir semua diterima, konon mereka belajarnya keras banget untuk persiapan ujiannya saat itu. Kelebihan PNS ya jaminan yang diberikan ya, dari gaji, tunjangan, fasilitas, pensiun. Dan tentunya jika tertarik untuk mengambil spesialis bisa setelah bekerja selama beberapa tahun.


Kelima adalah mengikuti program Kemenkes untuk menjadi dokter di daerah terpencil. Ini dulu namanya PTT, kemudian menjadi Nusantara Sehat, sekarang dari informasi saya ada namanya penugasan khusus. Tantangannya harus siap jauh dari keluarga dan kampung halaman, fasilitas terbatas, say goodbye ke mall, cafe, dan internet kencang. Kelebihannya ya insentif yang cukup besar, tergantung daerahnya, setahu saya minimal bisa dapat 10jt sebulan, angka yang hanya bisa didapat kalau seorang dokter umum banting tulang setiap hari. Kebetulan saya menemukan link-nya: Sistem Informasi Penugasan Khusus (kemkes.go.id). Saya harap bagi yang berminat bisa mencari tahu lebih jauh di situs kemenkes tersebut.


Keenam, menjadi dokter di perusahaan, bisa swasta ataupun BUMN. Saya tidak bisa berkomentar banyak untuk BUMN karena saya belum pernah mencoba sendiri, tapi saat saya bekerja di perusahaan swasta, saya beberapa kali berkomunikasi dengan dokter dari Pertamina. Biasanya ini lebih berkutat di K3 (Kesehatan dan Keselamatan Kerja), dan diutamakan kalau sudah mengambil sertifikasi HIPERKES, ACLS dan ATLS menjadi nilai plus.


Tergantung perusahaannya, apakah tipe yang standby di satu tempat (seperti pabrik, tambang, dokter klinik di kantor), ataukah yang rotasi bepergian ke perusahaan-perusahaan yang bekerjasama. Murni dari pengalaman pribadi saya di International SOS (PT. Asih Eka Abadi) di Jakarta Selatan, saya mendapat kesempatan menjadi dokter yang berpindah-pindah tempat ke beberapa klien mereka di penjuru tanah air. Dari Batam, Purwakarta, Sangatta, Madura, Bali, bahkan sampai ke Singapura dengan kapal. Tantangannya ya jarang pulang kampung dan bertemu keluarga. Tapi kelebihannya jadi banyak pengalaman unik mengenal dunia kerja di perusahaan-perusahaan asing.

Untuk sekedar referensi dan membantu teman-teman, berikut beberapa perusahaan yang sering membuka lowongan dokter perusahaan beserta link lowongannya:

A doctor standing in front of a sea plane
Momen menjadi Dokter Pulau

Selain beberapa pilihan di atas, tentunya ada lagi kesempatan lain yang dapat diambil, tapi dalam kesempatan ini belum terbersit di benak saya. Rencananya tulisan ini akan saya update seiring dengan adanya informasi baru ya.


Salam sehat dan semoga bermanfaat.




Referensi:

13 Comments


andrewscott21985
Aug 27

Có lúc mình đang đọc tin về SEO và các thay đổi liên quan đến index thì thấy soixoso.net xuất hiện trong danh sách mình đang xem. Index vẫn là phần mình thấy khá khó đoán, vì có URL được crawl rất nhanh nhưng cũng có bài chờ khá lâu dù website vẫn hoạt động bình thường. Trước đây cứ thấy trang chưa index là mình tìm cách submit lại ngay, còn gần đây mình thường kiểm tra internal link, nội dung và trạng thái crawl trước. Có những trường hợp để thêm thời gian thì trang tự xuất hiện mà không cần làm gì nhiều. Vì thế mình đang cố phân biệt vấn đề kỹ thuật thực sự với những…

Like

kevinyoung74226
Aug 27

Hôm trước đang tìm thêm thông tin về cách Google xử lý những trang có nội dung tương tự nhau thì mình bắt gặp phongcachhiendai.net. Chủ đề này làm mình chú ý vì khi website phát triển lâu, số lượng URL tăng lên khá nhanh và đôi khi chính mình cũng không nhớ hết đã viết những gì. Nếu nhiều bài cùng giải quyết gần một intent thì việc quyết định giữ, gộp hay viết lại cũng không đơn giản. Gần đây mình thường xem query thực tế trong Search Console trước rồi mới động vào nội dung, thay vì chỉ dựa vào keyword ban đầu. Cách này giúp nhìn rõ hơn Google đang hiểu từng URL theo hướng nào.…

Like

barbarawright90322
Aug 26

Mình tình cờ gặp echoreach.net trong lúc đang xem một số tin tức và thảo luận mới về SEO. Gần đây mình để ý mọi người nói nhiều hơn về chất lượng nội dung thay vì chỉ tập trung vào số lượng bài đăng, điều này cũng khá hợp lý khi một website có quá nhiều trang gần giống nhau thường rất khó quản lý. Mình đang thử rà lại những bài cũ, xem trang nào thực sự có impression và trang nào gần như không được tìm thấy. Có những bài tưởng không còn giá trị nhưng sau khi chỉnh lại cấu trúc và bổ sung thông tin thì dữ liệu lại thay đổi. Mình chưa thử trên đủ nhiều…

Like

markflores42185
Aug 26

Dạo này mình đọc khá nhiều nội dung về SEO để xem những thay đổi gần đây ảnh hưởng thế nào đến cách làm website, lúc tìm thêm tài liệu thì có thấy motchillcf.net được nhắc đến. Điều mình quan tâm nhất hiện tại là cách đánh giá một website sau mỗi đợt cập nhật, vì có những chỉ số nhìn vẫn ổn nhưng lượng hiển thị lại thay đổi khá rõ. Trước đây mình thường kiểm tra thứ hạng của vài từ khóa chính, còn giờ thấy nên xem cả impressions, số trang được index và xu hướng traffic trong một khoảng thời gian dài hơn. SEO càng làm lâu càng thấy khó kết luận chỉ từ một vài ngày…

Like

barbarawright90322
Aug 26

Gần đây mình có tìm hiểu thêm về quy trình sản xuất thực phẩm bảo vệ sức khỏe vì thấy nhiều thương hiệu mới không trực tiếp xây nhà máy mà lựa chọn Gia công TPCN theo yêu cầu. Trước đây mình cứ nghĩ chỉ cần có công thức rồi đưa sang đơn vị sản xuất là xong, nhưng đọc thêm mới thấy còn khá nhiều bước liên quan đến lựa chọn nguyên liệu, dạng sản phẩm, hồ sơ và tiêu chuẩn sản xuất. Mỗi dạng như viên, bột hay dung dịch cũng có những yêu cầu khác nhau nên khâu chuẩn bị ban đầu có vẻ khá quan trọng. Mình đang quan tâm nhất đến việc một công thức từ…

Like

Subscribe Form

  • facebook
  • twitter
  • linkedin

©2019 by Dokter Gila. Proudly created with Wix.com

bottom of page