• Adrian Tambunan

Easycash: P2P yang survive dengan bunga hingga 19%

Easycash, salah satu dari sedikit fintech yang survive dan berhasil maju dibanding pesaing-pesaingnya. Dengan tumbangnya TKB90 P2P pertanian yang dulu saya bangga-banggakan, dan semakin jarangnya kuota di Asetku buka (Padahal ini P2P favorit saya dulu), maka untuk saat ini favorit saya adalah Easycash. Tapi sebagai catatan, saya tetap diversifikasi meskipun ada favorit, dana yang saya alokasikan tidak sampai 1/3 dari aset saya, untuk teman-teman juga mohon tetap diversifikasi ya.

Total pendapatan saya di Easycash sudah mencapai 12% dari aset yang saya tenamkan, dan ini setelah dipotong pajak. Berikut adalah beberapa Lending Assets saya:

Lending assets Easycash
Lending Assets di Easycash (Mohon maaf disensor ya)

Seperti terlihat, saya menaruh aset saya dengan tenor yang berbeda-beda, karena saya lebih tenang kalau ada fleksibilitas dalam pencairan dana investasi saya, jadi tidak cair di 1 waktu saja. Untuk teman-teman bisa bebas apakah siap untuk di 1 tenor yang paling lama dengan paling besar bunganya atau mau coba-coba dulu di tenor paling singkat. Bagi yang tertarik, mohon tetap gunakan uang dingin ya, jangan malah pinjam uang demi investasi.

Mari kita lihat Transaction History Easycash di bawah:

Seperti teman-teman lihat, dari setiap transaksi akan langsung dipotong pajak oleh pihak Easycash, jadi teman-teman tidak perlu repot untuk nanti menghitung pajak yang harus dibayar dari investasi di Easycash. Bagi saya, ini nilai plus karena selain sudah mendapat profit yang terpotong pajak, ini juga menunjukkan Easycash mematuhi peraturan perundang-undangan di Indonesia.

Lalu, mari kita kembali ke pilihan tenor di Easycash:

Seperti terlihat di gambar, pilihan tenor biasanya dari 60 - 360 hari, meskipun kadang tenor 30 hari dibuka dengan kuota yang sedikit. Bunga di kisaran 12 - 19% dengan adanya sedikit tambahan bunga pada periode, 180 - 360 hari. Pengingat dari saya, bunga tersebut akan dipotong pajak ya. Kalau kita hitung, bahkan bunga terendah tetap >2x bunga deposito bank-bank konvensional. Jadi, secara angka, investasi di Easycash ini memang profitable banget menurut saya.

Sebagai penutup dari saya, kembali lagi bahwa Easycash ini P2P, setidaknya medium ke high risk, tetap lebih aman deposito bank dan Sukuk pemerintah. Faktor-faktor yang membuat saya tenang adalah hitam di atas putih Easycash yang jelas, terdaftar OJK (meskipun ini bukan jaminan bagus tidaknya suatu P2P, hanya membuktikan status legal), serta asuransi yang bersifat Default Credit Insurance oleh PT. Intra Asia Insurance, sehingga jikalau ada gagal bayar akan tertutupi oleh asuransi.

Sekian review ke-2 saya mengenai Easycash, bagi teman-teman yang ingin bertanya atau diskusi, silakan menghubungi saya atau bertanya langsung di komentar ya. Bagi yang penasaran ingin mencoba Easycash dapat menggunakan referral saya di bawah, full disclaimer : pemberi dan pengguna referral akan mendapatkan bonus.


Kode referral Easycash : oRLw7Dix


Terima kasih telah membaca tulisan saya,


Salam,


Adrian




Referensi :

  • Pengalaman pribadi

11 views0 comments