• Adrian Tambunan

Asetku, ceritamu kini…

Hai, kembali lagi bersama saya, dan kali ini kita akan bercerita lagi mengenai asetku, dulu sudah saya bahas secara detail asetku di sini:

https://www.tulisandokter.com/post/pengalaman-investasi-asetku

Sekarang, di April 2022 ini, bagaimanakah perkembangan asetku? Berita baik dulu, Verifikasi OJK sudah di tangan asetku, buktinya ini:

https://www.ojk.go.id/id/kanal/iknb/financial-technology/Documents/Penyelenggara%20Fintech%20Lending%20Berizin%20di%20OJK%20per%202%20Maret%202022.pdf

Bunga? Tetap rata-rata >15%. Pengembalian? Lancar? Auto lending? Otomatis. Lho, jadi aman semua dong? Untuk pengguna lama, betul! Stabil banget asetku ini dan tidak ada kendala selain ketika proses OJK kemarin yang CS dan RM dari Asetku diam seribu bahasa karena tidak mendapat update tim internal Asetku, begitupun setelah itu, semuanya aman.

Pengguna lama aman? Lalu, emang gimana nasib pengguna baru? Nah, ini yg menarik dibahas. Dengan berat hati saya utarakan, pengguna baru hampir tidak mungkin mendapatkan kuota baru per April 2022 ini, meskipun tidak detail penjelasan dari tim Asetku, dari analisis saya, alasannya sebagai berikut:

  1. Lender asetku yang sudah melebihi kapasitas. Hal ini wajar mengingat promo dan marketing gila-gilaan asetku di tahun lalu.

  2. Borrower akulaku yang semakin berkurang. Dengan meredanya pandemi, tentunya beriringan dengan peningkatan kesejahteraan. Orang yg sebelumnya tidak keberatan meminjam dana dengan bunga tinggi karena kebutuhan darurat berkurang dan mencari alternatif pinjaman lain dengan bunga rendah.

  3. Fokus tim Asetku ke Lender level platinum(dana > 1M). Dari sudut pandang bisnis, ini normal, dengan berkurangnya peminjam, asetku harus memangkas pemberi dana skala kecil karena ini memberikan tim Asetku efisiensi dalam alokasi staf mereka ke lender skala besar.

Dulu, selalu ada secercah harapan setiap pukul 10:00 pagi karena kuota baru akan selalu terbuka untuk lender-lender baru. Hanya dibutuhkan kecepatan tangan. Sekarang? Mau nunggu pukul berapa juga percuma, refresh berkali-kalipun apalagi, sia-sia aja. Kuota sampai detik ini memang tidak dibuka lagi, tetapi melanjutkan pendanaan bagi lender lama tidak ada masalah, pencairan saat jatuh tempo juga aman. Jadi, setidaknya kekhawatiran bahwa Asetku ini “tidak beres” ya tidak ada.

Komunitas sesama lender Asetku ada di Telegram, admin rutin mem-posting saran keuangan dan asuransi, tapi kalau ditanya kapan buka kuota tetap tidak bisa memberi jawaban pasti, mengenai waktunya maupun alasannya.

Seperti terlihat, postingan admin yg rutin selalu berkaitan dengan tema keuangan tetapi membahas Asetku sendiri malah sudah jarang.

Apakah ini “lampu kuning” bagi Asetku? Meskipun pencairan selalu lancar, melanjutkan pendanaan juga aman, izin dari OJK sudah didapat, tetapi dengan kurangnya komunikasi dari pihak Asetku, banyak sesama lender yang mulai berpikir untuk mengurangi alokasi dana di Asetku. Tetapi hal ini tidak berlaku bagi lender level platinum, info dari mereka, kuota tetap terbuka bagi lender platinum. Sebagai penutup saya masih berharap Asetku membuka kembali kuotanya, meskipun dengan bunga yg lebih rendah tidak masalah. Kelebihan Asetku adalah kemudahannya dalam proses pemberian pinjaman dan bunganya yang stabil.


Salam sehat dan selamat berinvestasi.


Referensi:

  1. Pengalaman pribadi

  2. Aplikasi Asetku

73 views0 comments

Recent Posts

See All